Monday, July 28, 2014

Mau Dapat Kekasih Ideal? Cari Dia yang Hobi Baca Buku

Dia yang gemar membaca sering diidentikkan dengan pribadi yang pendiam dan membosankan. Padahal banyak kelebihan yang dimiliki oleh mereka yang mencintai buku. Mau tahu apa alasannya kamu harus mempertimbangkan dia yang kerap membenamkan wajah diantara tumpukan kertas untuk mengisi hatimu?
1. Dia Bisa Menemukan Kenyamanan Dalam Hal Sederhana


Saat orang lain harus jalan-jalan ke mall atau berdiam diri di depan gadget mahal untuk menemukan kenyamanan, dia tahu bahwa ada cara lain yang lebih sederhana untuk merasa cukup. Seseorang yang gemar membaca buku tahu bahwa kebahagiaan justru kerap datang dari hal-hal kecil.

Hanya dengan buku di genggaman tangan dan waktu luang untuk tenggelam didalamnya, orang ini akan diam dan bisa menikmati waktunya. Bukan keriuhan dan kepemilikan materi yang dicari, melainkan rasa puas dari hal yang memang disukai.

2. Pengetahuannya Pasti Luas

Gemar membaca buku membuat pengetahuannya luas. Dia bisa tahu bagaimana seluk-beluk perdagangan senjata sekaligus menikmati anehnya plot Murakami disaat bersamaan. Bersama dia kamu akan terkaget-kaget saat mengetahui betapa luasnya pemahaman yang dia miliki.

Pengetahuannya yang luas memberikan warna unik bagi hubungan kalian. Walau belum pernah ke suatu tempat, dia sudah bisa menjelaskan dengan detail bagaimana topografi tempat yang ingin kalian kunjungi. Meskipun belum pernah dengar sebuah lagu, dia justru bisa bercerita tentang sejarah band yang memainkannya.

Semua pengetahuan tersebut didapatkan dari membaca buku.


3. Kamu Tidak Perlu Takut Kehabisan Bahan Pembicaraan

Sering aneh gak sih kalau sedang ngobrol sama pacar terus tiba-tiba kehilangan bahan pembicaraan dan merasa zonk? Hal ini sering terjadi jika kamu dan pasangan punya ketertarikan yang berbeda. Mau ngomongin kesukaan dia, takut gak nyambung. Kalau bicara soal hobimu, dia juga gak begitu paham.

Nah, menjalin hubungan dengan dia yang gemar membaca buku bisa menghindari momen canggung diatas. Meskipun dia tidak memahami hobi dan kegemaranmu tapi selama ada buku yang bisa menjelaskannya kamu tinggal berikan saja padanya dan mintalah dia untuk membaca.

Tidak hanya rela membaca untuk memahamimu, tidak jarang dia sudah mengetahuinya lebih dulu. Kegemaran post-crossing mu itu memang masih awam di telinga orang kebanyakan, tapi dia sudah menemukannya beberapa tahun lalu di novel yang dibacanya.

4. Orang yang Suka Membaca Biasanya Lebih Peka

Dia terbiasa menyimpulkan arti dibalik kata-kata yang tersirat. Dari satu larik kalimat sederhana dia bisa menyimpulkan berbagai kemungkinan yang muncul dalam naskah drama Orwell yang sedang dibaca. Kata-kata tidak serta merta diperlakukan secara harfiah, dia bisa memahami bahwa selalu ada maksud lain dibalik perkataan yang kamu ucapkan.

Menjalin hubungan dengan dia yang gemar membaca membuat kamu tidak perlu lagi khawatir maksudmu tidak tersampaikan. Dia yang biasa mengartikan arti dibalik sebuah kalimat tentu bisa memahami apa yang sedang kamu rasakan. Mau ngomong pakai bahasa kode pun, dia akan bisa menangkap maksud dibaliknya.


5. Bacaan Memberinya Pandangan Tentang Hidup yang Tidak Sekedar Hitam-Putih 

Orang yang tidak banyak pengalaman berinteraksi dengan orang lain cenderung memandang hidup dari kacamata hitam-putih. Keringnya pengalaman membuat dia merasa bahwa apa yang dilakukan paling benar, sementara hal yang berseberangan dengan nilainya dengan mudah dicap salah.

Pribadi yang gemar membenamkan dirinya dalam keasyikan membaca buku akan lebih bijaksana menghadapi perbedaan. Ketika ada hal yang tidak sejalan dengan nilai yang dianut, dia tidak akan serta merta menyalahkan hal tersebut. Pemahaman yang dimiliki dari banyak membaca buku akan lebih membuka matanya


6. Dari Membaca, Dia Sudah Tahu Banyak Tentang Berbagai Dinamika Hidup

Menghadapi peliknya masalah keluarga? Mencari jalan keluar dalam sebuah konflik pertemanan? Bijak menyikapi friksi di dunia kerja? – semua hal itu sudah dia ketahui sebelum benar-benar dihadapi di depan mata. Walau belum pernah mengalami sendiri, buku-buku yang dibacanya memberinya pengetahuan tentang berbagai permasalahan hidup.

Membaca membuat pasanganmu jadi orang yang lebih kaya pengalaman hidup. Buku bacaannya secara tidak langsung membuka mata, hidup tidak selamanya akan baik-baik saja. Dari berbagai kisah yang dilakoni oleh karakter dalam buku yang dibawanya kemana-mana itulah dia belajar banyak soal hidup.


7. Orang yang Gemar Membaca Akan Lebih Bijaksana

Semakin luas bacaan dan pengetahuan seseorang maka akan semakin dalamlah pemikiran dan kebijaksanaan yang dimilikinya. Menjalin hubungan dengan dia yang gemar membaca akan membuatmu nyaman. Dia sudah terbiasa menemukan perbedaan karakter dan perbedaan pola pikir dalam berbagai bacaan yang dilahap.

Kebijaksanaan memang tidak akan pernah datang dari jalan-jalan ke mall atau nonton bioskop setiap ada film baru. Pemahaman mendalam tentang hidup justru bisa disarikan dari kegiatan duduk diam sambil mengkhidmati baris tulisan yang memberi banyak pelajaran hidup.

 

8. Pasanganmu Tentunya Inspiratif

Menjalani hubungan romantis dengan dia yang lebih sibuk membaca buku dibanding memelototi layar digital akan kerap membuatmu ternganga kagum. Bagaimana tidak, kadang ditengah perbincangan ringan senja hari kalian tiba-tiba bisa keluar satu baris kalimat dari buku yang sedang dia baca.

Bayangkan saja, ditengah kegalauanmu tentang makin sedikitnya teman kuliah yang belum lulus dia bisa dengan kalemnya mengutip line dari The Marriage Plot untuk membuatmu tetap semangat berjuang menyelesaikan skripsi seorang diri:

“In a crisis, it’s easier to survive as a single cell.”
Atau ketika kamu sedang kesal karena ada rekan kerjamu yang sangat oportunis dalam sebuah proyek. Dia akan dengan ringannya mengeluarkan kutipan tentang betapa manusia memang terlahir serakah, dan sifat dasar itu memang harus dimaklumi:
“We’re the man clutching the branch. Death awaits us. There is no escape. And so we distract ourselves by licking whatever drops of honey come within our reach.”
Kalimat-kalimat random penuh inspirasi darinya akan memenuhi hari-harimu. Jadi pengingat yang penuh tamparan bagimu dalam menjalani hari.


9 Pengetahuannya Bisa Membantumu Menyelesaikan Masalah


Pada akhirnya, dia sudah banyak mengakrabi jenis cerita dan plot unik di berbagai buku bacaannya. Dari membaca dia tahu bahwa setiap masalah dapat ditelusuri untuk menemukan jalan keluar. Tidak ada permasalahan yang terlalu berat jika terus dijalani dengan kepala dingin dan niat baik.

Hal itu tidak hanya berguna bagi kehidupannya, tapi juga bisa membantumu untuk menjalani hidup yang tentu tidak lepas dari masalah. Ketika dihadapkan pada berbagai keputusan rumit, pasangan yang gemar membaca akan mudah diajak berdiskusi.

Tidak hanya jadi tempat berbagi, dia juga akan mampu memberikan masukan dari berbagai sudut pandang. Ibaratnya nih, dia sudah punya literatur dan catatan kaki yang bisa kembali ditili setiap menghadapi masalah. Bukan tidak mungkin pengetahuannya itu juga akan berguna untukmu kan?


10. Dia Tahu Bahwa Akhir Tidak Selalu Bahagia

Dari berbagai buku yang telah dilahapnya, dia sangat sadar akan akhir yang tidak selamanya bahagia. Ada jenis akhir cerita yang menggantung dan menyisakan penasaran bagi pembaca, ada pula akhir cerita yang justru berkebalikan dari ekspektasi yang selama ini diharapkan.

Beragamnya akhir cerita yang sudah pernah dibacanya membuat pasanganmu bisa berbesar hati ketika ada hal yang berjalan tidak sesuai harapan. Hidup hanya harus tetap dijalani, meski kelak titik yang dicapai di ujung hari tidak selalu sesuai kata hati.

11.Dia Tidak Akan Tergantung Padamu Hanya Karena Takut Kesepian

Pasanganmu yang menggemari buku sudah cukup dewasa untuk bisa menyibukkan dirinya sendiri. Ditangannya selalu ada buku yang bisa menemaninya dalam berbagai situasi. Saat sedang tidak bisa kamu dampingi, dia akan santai-santai saja karena toh sepi selalu bisa diatasi dengan buku disisi.

Kamu tidak lagi perlu repot menyisihkan waktu hanya untuk menjaganya tidak sepi. Dia sudah terbiasa mengkhidmati sepi seorang diri. Saat dia manja, itu berarti dia memang benar-benar menginginkanmu. Bukan sekedar mencari teman untuk mengisi waktu luang yang terasa kosong di hati.

12. Dia Setia Dan Memandangmu Lebih Dari Sekedar Penampilan Semata


Lihat saja buku kesayangannya yang sudah banyak digaris bawahi dan nampak kumal. Walaupun secara fisik sudah tidak lagi menarik, dia tetap menyimpannya sebagai barang berharga kan? Bagi orang yang menggemari buku, isi lebih penting daripada hanya sekedar sampul.

Begitupun saat memperlakukan pasangan. Ketika kamu memang memenuhi kriterianya sebagai pendamping, maka apa yang kamu tampakkan di depannya tidak lagi sepenting apa yang kamu miliki dalam dirimu. Dia tidak akan mudah berpindah hati, hanya karena casing-mu berubah.

Dia memandang dan menghargaimu lebih dari sekedar penampilan luar semata.


No comments:

Post a Comment